Rabu, 13 Februari 2013

3 BUDAYA INDONESIA YANG TERKENAL DI DUNIA

Selain wisata alam nan mempesona dan megah di Indonesia juga memiliki budaya yang berstatus World Heritage Of Intangible Culture dan lagi - lagi hanya Indonesia yang punya, bukan negara lain, terutama Malaysia. Pantas kita sangat bangga dan semakin mencintai Indonesia seharusnya dengan keaneka ragaman budaya dan wisata yang tiada duanya. Dan inilah empat budaya hasil karya bangsa Indonesia yang berstatus World Heritage Of Intangible Culture yang di syahkan oleh UNESCO.

1. Wayang

Merupakan seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Pulau Jawa dan Bali.Sunan Kali Jaga dan Raden Patah sangat berjasa dalam mengembangkan Wayang. Para Wali di Tanah Jawa sudah mengatur sedemikian rupa menjadi tiga bagian. Pertama Wayang Kulit di Jawa Timur, kedua Wayang Wong atau Wayang Orang di Jawa Tengah, dan ketiga Wayang Golek di Jawa Barat. Masing - masing sangat bekaitan satu sama lain. Yaitu “Mana yang Isi ( Wayang Wong ) dan Mana yang Kulit ( Wayang Kulit ) harus dicari ( Wayang Golek )”. Pertunjukan wayang telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan sangat berharga ( Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity )



Saat ini, wayang tidak hanya sebatas wayang kulit dan wayang orang saja, ada juga e-wayang yang keseluruhan proses pembuatannya menggunakan sarana dan fasilitas digital. E-wayangdapat dilihat melalui website.

2. Keris

Keris mendapatkan pengakuan UNESCO pada tahun 2005. Keris yang saat ini kita kenal adalah hasil proses evolusi yang panjang. Keris modern yang dikenal saat ini adalah belati penusuk yang unik dengan bermacam bentuk. Selain digunakan sebagai senjata, keris juga sering dianggap memiliki kekuatan supranatural. Senjata ini sering disebut - sebut dalam berbagai legenda tradisional, seperti keris Mpu Gandring dalam legenda Ken Arok dan Ken Dedes.

3. Batik


Batik diakui sebagai World Heritage oleh UNESCO pada tahun 2009. Untuk merayakannya, Indonesia menjadikan setiap tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional. Batik Indonesiamemiliki motif bermacam - macam tergantung pada daerahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar